Sunday, March 15, 2015

Bekasi - Manado - Siau (Part 2)

Pada episode sebelumnya (waelah macem sinetron) cerita gue kan berenti sampe ke mau naek pesawat. Nah gue lanjutin nih, setelah ada pengumuman kalo penumpang udah bisa masuk ke dalem pesawat, kita semua dicek lagi tiket boarding pass-nya buat yang terakhir kalinya. Di situ ada petugas yang ngecek kalo emang orangnya ada, ntar di kertas yang isinya daftar semua penumpang nama kita dicoret, jadi ketauan siapa aja yang orangnya ada dan udah masuk.

Abis pengecekan yang terakhir itu, kita jalan di lorong yang sebenernya di ujungnya bisa buat sambungan langsung masuk ke pesawat, tapi ternyata pesawat garuda yang mau gue naekin adanya jauh di tengah landasan gitu. Jadi semua penumpang pas keluar lorong gitu langsung disambut sama bus dari garuda yang bakal nganterin kita ke tempat dimana tuh pesawat berada. Ternyata jauhhhh banget ada kali hampir 10 menit lebih kita keliling tuh landasan bandara.

Akhirnya sampe juga deh di depan pesawat yang mau gue naekin, sebenernya mau foto-foto dulu di depan pesawat kaya orang-orang yang baru naek pesawat, tapi aku malu hahahaha. Ternyata mau masuk ke pesawat aja ngantri lama ya, tapi mendadak adem pas kita udah di pintu masuk pesawat, soalnya kita langsung disambut sama kakak-kakak pramugari yang aduh cantik-cantik banget dengan ucapan selamat datang. Pas didepan situ sengaja jalannya gue lama-lamain sambil sepik milih-milih koran :))) karna kebetulan pas di pintu masuk kita disediain banyak pilihan koran dan bebas ambil yang mana aja. Eh sambil gue nulis cerita ini, gak tau kenapa kok gue jadi inget gitu wangi khas dalemnya pesawat garuda :')

Pas masuk ke dalem ternyata dalemnya gak begitu luas ya, kebetulan gue masuk dari pintu depan jadi yang pertama kali gue lewatin itu yang kelas bisnis, yang emang keliatan banget tempatnya nyaman dan bangkunya gak dempet dempetan kaya bus. Baru deh, abis lewatin ruangan kelas bisnis gue masuk kelas ekonomi dimana tempat gue berada. Isinya ya gitu aja kaya dalemnya bus, bangkunya cuma ada 3 di kanan sama 3 di kiri. Pas gue udah nemu tempat duduk, langsung deh dengan gercep gue keluarin hp, trus SELFIE DONG! huahuahuahua :)))

Ini dia beberapa hasil selfie dalem pesawat :)))
Pas semua penumpang udah masuk dan udah di tempat duduknya sendiri, baru deh mulai peragaan keselamatan dari pramugari, tapi gue cuma liat bentar karna jauh gak jelas. Lebih jelas nonton video peragaannya di tv yang ada di depan gue haha. Nah gue bakal ceritain deh pelayanan pramugari garuda yang emang bagus banget buat semua penumpangnya dari pada maskapai lain *lah lo kan baru kali ini naek pesawat nyet, mana bisa bandingin sama maskapai lain* Biarin! Anggap aja ini bentuk kepuasan gue naek garuda. Garuda bagi tiket gratis donggg~ ehehehe

Selesai nonton peragaan itu, pramugarinya langsung pada sibuk keliling buat ngasih permen kesemua penumpang dan bebas mau ngambil berapa aja, tergantung kadar malu masing-masing orang. Karna kemaluan gue gede, iya kemaluan emang gede banget. Nih kalo gak percaya *nunjukin kemaluan* gede kan? Udah iyain aja biar cepet. Jadi waktu ngambil jatah permen, gue sih cukup ngambil 2 aja, abis itu nyesel tau gitu ambil banyak. Soalnya permennya enak rasa Alpenliebe, gue kira mah kaya Relaxa gitu.

Kelar bagi-bagi permen, sekarang pramugarinya sibuk ngecek semua penumpang udah pake sabuk pengaman apa belom dan nyuruh buat tegakin kursi pesawat. Pas ada pengumuman bentar lagi bakalan take-off mulai deh, tingkat kepanikan nyokap gue meningkat. Ngeliat nyokap gue kaya gitu, gue juga jadi ikutan lumayan tegang. Soalnya gue kan juga baru pertama kali dan jujur terlalu banyak pikiran jelek di kepala gue soal naek pesawat hahaha.

Awalnya pesawat cuma jalan pelan gitu sambil rada muter ke arah lintasan, trus tiba-tiba mulai deh rada serem pas turbonya pesawat dinyalain, karna badan gue berasa banget ketarik kebelakang. Kaya naek mobil pake NOS di film Fast Furious gitu. Nyokap gue udah mulai dzikir sambil ngeremes tangan gue hahahaha. Makin lama makin cepet tuh pesawat jalannya dan gue udah mulai sering nelen ludah, karna kuping langsung gak enak banget. Akhirnya mulai berasa deh kalo pesawatnya udah terbang. Padahal tuh pesawat baru terbang dikit, tapi udah langsung ngambil belok aja, kan jadi berasa banget seremnya dan nyokap gue makin kenceng lagi ngeremes tangan gue sambil tetep dzikir :)))))

Gak lama posisi pesawat udah stabil deh di atas, lampu peringatan buat pake sabuk pengamannya juga udah mati, jadi yang mau ke wc udah boleh. Mulai deh pramugarinya sibuk lagi ngelayanin penumpang. Dimulai dari nawarin mau minum apa, pilihannya banyak ada macem-macem jus, susu, kopi, teh atau air putih, lengkap. Trus mulai nawarin makanan, waktu itu gue pilihannya mau daging apa ikan. Biar kita nyobain semua, gue pilih daging, nyokap gue pilih ikan. Ternyata kalo daging makannya sama kentang rebus gitu, nah kalo ikan sama nasi. Pas gue cobain, ikan sama dagingya ternyata enak semua. Porsinya emang kecil tapi cukup ngenyangin buat gue. Trus ada dessertnya gitu puding dan enak juga. Eh tapi ini karna penerbangan gue lama kali ya, kan gue Jakarta - Manado 3 jam lebih. Kalo jaraknya deket dikasih makan juga gak ya? gak tau deh.


Nah waktu itu gue makan sambil nonton film Cahaya Dari Timur, padahal film ini baru tayang di bioskop dan belom tayang di tv dan katanya sih bagus, cuma gue gak begitu fokus dan sampe kelar nonton filmnya, karna sibuk nyobain tuh tv ada apa aja isinya. Ternyata isinya ada banyak film-film, cuma sayang kalo film barat gak ada sub indo-nya. Trus lagunya juga banyak banget macem di i-Tunes lengkap deh. Ada banyak games-nya juga, gue cuma nyobain 1 game tapi lupa waktu itu maen game apa, soalnya rada lemot, langsung gue close aja hahaha.

Kalo gue kan sibuk otak-atik hiburan apa aja yang ada di tv itu. Kalo nyokap gue sih sibuk ngobrol sama ibu-ibu di sampingnya ngobrol pake bahasa Manado, gue mah roaming jadi gak gitu ngerti obrolan mereka haha. Karna tv buat nyokap gue gak dipake, jadi gue setting buat nampilin aja kalo pesawat kita lagi ada dimana, jadi keliatan gitu pesawat kita gerak pelan-pelan di tv.

Gue kira abis kelar makan, pramugarinya udah pada istirahat, karna bakalan nyampe sekitar 1 jam lebih dikit lagi. Ternyata gak lama abis pada kelar makan, pramugarinya pada sibuk keliling lagi nawarin mau minum apa. Abis nawarin minum kita semua dikasih cemilan terakhir yaitu roti isi, kalo ini sih gak bisa milih, emang cuma dikasih roti aja dan biar gak seret ya ditawarin minum juga. Pas gue makan ternyata rotinya juga enak banget, gue kira cuma roti asal-asal aja, ternyata enak. Kalo bisa minta banyak mah gue minta lagi tuh roti.

Gue sih pengennya abis nawarin roti itu ada kejutan lagi gitu, nawarin makanan lagi atau apalah. Ya asal jangan nawarin MLM aja. Ternyata udah gak ada lagi *ngarep* tapi kelar semua pada makan roti emang udah bentar lagi sampe sih sekita 20 menitan. Gue baru sadar jadi pramugari garuda capek juga ya, tapi kalo kakak kakak pramugari garuda cape dan butuh pundak buat bersandar sejenak. Bilang aja sama aku yah, pundak ini tersedia kapanpun kok buat kalian semua :')






Ya itu adalah beberapa foto pemandangan yang sempet gue ambil, tiap liat pemandangan kaya gitu dari pesawat, rasanya tuh gue jadi makin cinta sama alam Indonesia. Ayo jaga terus ya alam kita, jangan sampai rusak. Kelar dengan semua suguhan makanan, gue dengerin lagu-lagu aja, eh gak lama ada pemberitahuan kalo kita bentar lagi bakalan mendarat, nyokap gue udah mulai panik lagi ngeremes tangan gue lagi dan sambil dzikir. hahaha

Emang bener sih yang serem naek pesawat itu pas take-off sama landing-nya itu. Kalo pas take-off kan gue emang cuma diem aja karna ikutan tegang ngeliat nyokap, tapi pas mau mendarat gue udah gak gitu tegang sih. Malah nyantai aja dan gue malah sibuk ngerekam video pas pesawatnya lagi landing. Udah sempet gue upload juga ke Youtube.


Akhirnyaaaaaaaaaaaa nyampe juga gue di Manado lagi, setelah 17 tahun yang lalu gue kesini. Tapi pake kapal laut. Jauh banget ya bedanya, ini naik pesawat gue cuma 3 jam lebih. Lah waktu gue pake kapal laut, lama perjalanan berangkatnya seminggu lebih trus pulangnya seminggu lebih juga, jadi pulang pergi hampir sebulan diperjalanan laut. Selama naik kapal itu, gue udah ngerasain dari ombak yang kecil sampe ombak yang gede banget sampe kita gak bisa buat berdiri. Jadi semua penumpang pada tidur, waktu itu gue sempet nyobain berdiri dan jalan dikit. Tapi gue gak kuat, perut langsung eneg gitu mau muntah.

Bandara Sam Ratulangi Manado
Bandara Manado emang biasa banget dalemnya, ya gitu aja gak ada yang menarik dan sepi. Pas keluar dari bandara, gue langsung menghirup udara Manado dan ternyata biasa aja hahaha cuma rada enak karna baru ujan. Ternyata di bandara itu kita udah di jemput sama taksi langganan sodara gue. Yaudah langsung deh kita cuss ke pelabuhan. Walaupun gue keturunan Manado, tapi kampung nyokap gue bukan di Manado kota. Jadi kita harus nyebrang lagi naek kapal laut ke sebuah pulau yang bernama Pulau Siau. Ya, disitulah tempat tujuan kita. Lama perjalanan lautnya 4 jam, beuhhh mantep ya lebih lama dari naek pesawat.

Nah begitu sampe di pelabuhan yang jaraknya lumayan dari bandara sekitar 45 menit, itu padahal gak kena macet, ya iyalah di Manado mah kagak macet hahaha. Pas sampe di pelabuhan, sodara gue yang mau jemput ternyata kapalnya belom dateng. Gue sama nyokap nunggu lumayan lama hampir 1 jam, sampe bisa keliling pelabuhan dulu dan sempet jajan nasi kuning gitu. Ternyata enak loh nasi kuningnya. Isinya bihun, kacang panjang, sama ikan cakalang khas Manado. Bungkusnya juga unik kan, gak pake kertas cokelat atau yang biasanya daun pisang, tapi pake daun yang kaya janur kuning gitu.

Nasi Kuning Manado
Akhirnya sodara gue yang mau jemput dateng juga, gue manggilnya Tante Tien. Dia ini istri dari adiknya nyokap gue. Pas udah ketemu, gue kira kita bakalan langsung ke Siau. Ternyata gak, kita nginep dulu di Manado. Kebetulan sodara gue ini punya rumah juga di Manado. yaudah akhirnya kita nginep dulu deh dan besok paginya baru kita naek kapal ke Siau. Wohoooooo udah gak sabar aja gue. (Bersambung)

Foto spoiler buat cerita Bekasi - Manado - Siau (Part 3)



No comments:

Post a Comment

Sahabat