Sunday, March 22, 2015

Bekasi - Manado - Siau (Part 3)

Pasti pada penasaran kan sama kelanjutan cerita dari episode sebelumnya (Part 1) (Part 2) *diludahin pembaca, apalagi pembaca yang baru mulai baca cerita ini doang*. Sekarang gue jadi bingung nih, cerita ini semua nantinya bakalan selesai sampe part berapa. Soalnya masih banyak banget yang pengen gue ceritain walopun gak ada yang baca juga hahaha.

Pagi jam 9 kita bertiga berangkat dari rumah sodara gue yang di Manado ke pelabuhan. Lama perjalanan dari rumah ke pelabuhan lumayan lah sekitar 1 jam, jadi sampe pelabuhan jam 10. Ternyata kapalnya baru jalan nanti jam 11 dan lama perjalanan dari pelabuhan Manado ke Pulau Siau itu 4 jam. *sabar* *elus-elus dada* *dada Duo Serigala* *ikutan goyang drible*. Karna masih ada waktu 1 jam, ya gue muter-muter pelabuhan aja sambil foto-foto siapa tau ada yang bisa di masukin ke Instagram sama Path #AnakSocmedHarusEksis.

Mentari pagi di pelabuhan Manado yang terhalang awan, tak menurangi betapa indahnya pamandangan disana #halah

Selama perjalanan ke Manado yang sempet masuk ke Instagram gue cuma foto ini doang sih. Foto kapal lagi bersandar di pelabuhan. Kalo kita kapan bersanding di pelaminan?
Ini bukan sembarang foto pemandangan pelabuhan Manado, tapi jika kita lebih teliti dan mau untuk nge-zoom, di kiri foto diantara bebatuan ada seorang pemuda yang lagi boker :)))))

Akhirnya udah jam 11 dan kapal udah siap berangkat dengan tanda ngebunyiin klakson gitu, bukan kaya klakson motor yang cempreng ya, tapi klakson kapal yang berisik itu. Akhirnya gue sama nyokap masuk ke kapal, ternyata sodara gue gak ikut karna masih ada urusan di Manado. Akhirnya dia baru nyusul pulang ke Siau 3 hari kemudian.

Gue pikir ntar 4 jam di kapal ngapain aja nih ya, ada hiburan gak ya di dalem kapal? apa selama 4 jam kita cuma duduk doang ngeliatin pemandangan laut dan pulau-pulau? Ternyata dalemnya kapal bagus juga dan luas, lebih luas dari pesawat pastinya. Ada 3 pilihan kelas di kapal itu, kelas ekonomi (90rb), bisnis (180rb), eksekutif (gak tau haha). Gue milih yang kelas bisnis, soalnya yang ekonomi fasilitasnya seadanya banget dan gue takut mabuk laut karna kan baru naek kapal lagi. Kabar terbarunya sih harga kapal udah pada turun karna mulai banyak saingan, jadi harga juga bersaing haha.

Suasana kapal cepat kelas bisnis

Suasana kapal cepat kelas ekonomi
Nah bisa diliat kan bedanya kelas ekonomi sama bisnis. Hiburan gue selama 4 jam di dalem kapal ya nonton film aja tuh yang ada di tv itu. Waktu itu film yang ditayangin, film kisah nyata tentang wanita petinju dunia dari India judulnya Mary Kom. Filmnya seru juga ternyata, jadinya gue lumayan betah di dalem kapal dan gak gitu berasa, karna kan film India lama banget, ada kali 3 jam. Pas filmnya kelar, gue pergi ke atas trus ke belakang kapal. Ternyata disitu banyak orang yang lagi duduk-duduk sambil ngeliatin pemandangan laut sama pulau-pulau. Entah selama perjalanan dari Manado ke Siau udah berapa pulau yang dilewatin.

Ngambil dari mbah google beginilah kira-kira rute Manado-Tagulandang-Siau-Tahuna(Sangihe)
Akhirnya setelah 3 jam perjalanan kita sampe juga (lah katanya perjalanannya 4 jam?) iya tenang dulu, akhirnya sampe di pemberhentian pertama kita di Pelabuhan Tagulandang. Karna kapal yang gue naekin ini tujuannya bukan cuma ke kampung gue doang (Siau) jadi rutenya dari Manado - Tagulandang - Siau - Tahuna (Sangihe).

Detik-detik kapal mau berlabuh di Pelabuhan Tagulandang
Ini lagi naek turunin penumpang, ada yang nekat naek dari pinggiran kapal biar cepet.
Ngeliat pemandangan bagus dan air yang jernih di sekitar pelabuhan, bawaannya pengen nyemplung aja berenang walopun kagak bisa berenang
Asli, air di pelabuhannya jernih banget!
Kalo kapal lagi naek turunin penumpang kaya gini, kita mesti hati-hati. Karna selain banyak penumpang yang pada naik dan turun. Banyak juga pedagang, mulai dari jualan buah, minuman, makanan, pokonya banyak yang masuk pada jualan. Emang sih jadi kurang nyaman karna rame banget kalo mereka udah pada masuk, tapi kadang tukang-tukang jualan kaya gitu emang kita butuhin juga kalo emang mau jajan murah. Soalnya emang banyak juga yang beli. Kita mesti hati-hati karna sodara gue ada yang pernah keilangan barang gitu pas di pelabuhan Tagulandang ini. Kalo waktu itu kebetulan yang jagain barang nyokap gue, karna gue lagi sibuk keliling kapal buat foto-foto pemandangan (anak kurang ajar) hahaha.

Berenti di pelabuhan ini cuma bentar kok, paling 10 - 15 menit. Makin gak sabar lah gue buat cepet-cepet sampe ke Siau. Perasaan gue waktu itu deg-degan, grogi, takut, seneng, ah pokonya campur aduk. Soalnya gue mikir ntar pas ketemu sodara-sodara gue yang pada jemput di pelabuhan gue mesti gimana ya. Mereka masih pada inget gue gak ya, yang udah 17 tahun gak balik kesana. Apakah kedatangan gue dinantikan apa cuma nyokap gue aja yang dinantikan kedatangannya. Tapi intinya gue gak sabar pengen cepet-cepet sampe Siau.

Pemandangan dari belakang kapal waktu meninggalkan Pulau Tagulandang dan menuju Pulau Siau

Abis gue puas foto-foto pemandangan, baliklah gue ketempat duduk gue. Ngobrol-ngobrol gitu sama nyokap. Sebenernya gue minta ajarin ngomong bahasa sana dikit-dikit, tapi kata nyokap gue. "udah gak usah gaya-gayaan. ngomong kaya biasa aja, mereka juga pada ngerti" hahaha. Oiya hal yang pertama gue pelajarin dari nyokap adalah. Di siau, kalo ketemu orang yang lebih tua gak usah salim, nanti mereka malah bingung dan aneh, jadi cukup salaman aja. Pas gue denger kaya gitu, malah jadi gue yang bingung dan aneh hahaha.

Whooaaa ~ Akhirnyaaaaaaa~ setelah hampir 1 jam perjalanan dari Pelabuhan Tagulandang sampe juga ketempat tujuan kita, yaitu Pulau Siau. Makin gak sabar pengen cepet-cepet nyuruh nahkoda kapalnya suruh berlabuh!

Ini Ibu aku, teman perjalananku yang baru sampai di kampung halamannya, Pulau Siau.

Kapal yang sudah mengantarkan kita dari Manado ke Pulau Siau dan bersiap melanjutkan perjalanan ke tujuan akhirnya yaitu Pulau Tahuna (Sangihe).

Pas pertama kali turun tak lupa hambamu ini mengucapkan Alhamdulillah. Setelah perjalanan panjang kita berdua akhirnya bisa sampai dengan selamat. Pas ketemu sama sodara-sodara gue di sana, seperti yang sudah diajarkan sama nyokap yaitu gak usah salim, yaudah gue gak salim :))) tapi karna gue cukup risih, jadinya pas salaman gue rada ngebungkukin badan gitu. Ah pokonya waktu itu gue jadi ngerasa serba salah sendiri hahahaha. Tapi ternyata gue disambut hangat sekali sama orang-orang sana, jadi abis salaman gue langsung dipeluk dan cipika-cipiki hahaha. Komentar sodara gue langsung sama semua, mereka pada bilang kalo gue yang sekarang mukanya jadi mirip sama orang Siau, kalo dulu waktu kecil gue kesini muka gue katanya orang Jawa banget.

Nyokap gue adalah anak pertama dari 4 bersaudara, karna kedua orang tuanya udah meninggal lama. Jadi di Siau ini cuma ada ke-3 adik-adiknya doang. Jadi selama di Siau ini gue sama nyokap tinggalnya ganti-gantian di rumah ke-3 adik-adiknya nyokap gue ini. Pokonya kita gak pernah tinggal lama, biasanya setiap 2 hari kita pindah-pindah nginepnya dimana. Jadi setiap rumah adik-adik nyokap gue udah ditinggalin tas yang udah ada isi baju sama celana ganti buat kalo lagi nginep disitu. Kalo pas waktunya pindah tempat nginep, kita jadi cuma bawa diri doang, gak perlu bawa-bawa tas lagi.

Tempat pertama yang kita pilih buat nginep ya yang rumahnya deket aja dari pelabuhan, ternyata emang deket beneran, gak sampe 5 menit naek mobil udah sampe aja. Nama adiknya nyokap gue ini namanya Om Sany, kebetulan ini anak laki-laki satu-satunya di keluarga nyokap gue. Oiya harusnya kalo lagi di sini tiap gue manggil semua sodara nyokap gue, sebagai pengganti Om/Tante tuh pake Papa/Mama, tapi gue sih tetep pake Om/Tante aja. Abis kalo pake Papa/Mama berasa kaya manggil orang tua sendiri :)) walopun gue kalo manggil orang tua gue sih Ibu-Ayah.

Begitu nyampe di rumah Om Sany gue langsung disambut dengan makanan, ternyata mereka pada belom makan siang, mau nungguin kedatangan gue sama nyokap aja biar bisa makan bareng (padahal waktu itu udah jam 3an). Kalo udah di sini sih lauk wajib yang emang harus ada itu ikan. Selama gue tinggal disana kalo makan, lauknya ya tiada hari tanpa ikan. Kalo dalam 1 hari itu gak makan ikan, kayaknya lo bakal dianggap murtad!

Kelar makan kita ngobrol-ngobrol santai di depan rumah dan lagi asik ngobrol gue langsung inget akan sesuatu yang penting dan langsung aja gue tanyain "Om Sany kandang babi yang di belakang sana masih ada gak?" kata Om gue "ada, ayo mau liat?" dengan cepat gue jawab IYA, MAU! :))

Uwuwuwuw lutuna lagi pada bobok
Sama Om gue disiram air dan di gebuk-gebuk pake sapu lidi, jadinya pada bangun hahaha
Gak afdol kalo kita belom selfie sama babi
Halooooooooo, apa kabar kalian semuaaaaaaaaa. Aku kangen banget sama kaliaaaaannnnnnnnnnn. Long time no seeeeee~. Akhirnya sodara gue pada ketawa, gara-gara gue udah jauh-jauh ke Siau tapi yang pertama kali di cari malah babi, bukannya pantai atau apalah gitu hahaha.

Ini namanya Marvel tapi bukan yang warna item ya
Kalo gue lagi nginep di rumah Om gue ini, tiap pagi gue suka maen sama si Marvel ini. Anaknya lucu, suka banget cerita tentang robot-robotan dan tiap maen sama gue, dia selalu bawa mainan robot-robotannya. Terus juga dia suka meraktekin serigala teriak "Auuuuu~ Auuu~" gara-gara suka nonton sinetron Ganteng-Ganteng Serigala -____- Dia juga suka nyanyi Sakitnya Tuh Disini. Hebat, ternyata lagu itu udah sampe juga di kampung nyokap gue :))) (Bersambung)

Foto spoiler buat cerita Bekasi - Manado - Siau (Part 4)